Spread the love

Banyak orang yang menganggap bahwa permainan game merupakan salah satu Kegiatan yang memiliki dampak buruk terutama bagi anak-anak. Namun tidak selamanya bermain game ini menjadi suatu hal yang negatif. Karena nantinya akan ada dampak baik kesehatan dalam bermain game. tentunya kesehatan tersebut bisa mencakup baik kesehatan mental Ataupun kesehatan fisik. karena jika diarahkan dengan benar game menjadi salah satu kegiatan positif yang memiliki banyak sisi positif. Tingkat kecerdasan anak terus meningkat dan mampu memiliki pola fikir di atas rata-rata. Namun disamping itu tetap awasi terus, dikarenakan pilihan game juga banyak sekali. Terdapat banyak game yang bernilai negative apabila dimainkan oleh anak-anak seperti game judi dll.

Sisi Positif Kesehatan Dalam Bermain Game

Dalam Bermain Game

Berikut ini merupakan beberapa manfaat positif yang dapat diterima oleh fisik maupun mental ketika bermain game:

  1. Memperbaiki suasana hati

Manfaat untuk kesehatan yang pertama yaitu untuk memperbaiki suasana hati. Dengan bermain game suasana hati Anda akan menjadi lebih baik. Terutama di saat pandemi seperti ini orang akan merasa lebih bosan dibandingkan biasanya. Selain itu tugas yang menumpuk karena adanya kelas online juga bisa membuat pikiran menjadi tidak karuan. Suasana hati juga akan menjadi lebih buruk. Dengan bermain game maka suasana hati bisa menjadi lebih baik lagi karena kepenatan yang ada dalam pikiran Anda menjadi hilang. Untuk itu Anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk bermain game guna memperbaiki suasana hati Anda.

  1. Mengurangi depresi

Manfaat yang selanjutnya yaitu untuk mengurangi depresi. Dengan bermain gaming atau Anda bisa mengurangi depresi yang sedang Anda alami. Terlebih jika depresi yang Anda alami tersebut disebabkan oleh pekerjaan. Jika Anda menyukai game maka luangkan waktu Anda untuk bermain sejenak. Maka rasa depresi yang Anda rasakan bisa berkurang atau bahkan menghilang. Membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik lagi sehingga penat yang ada dalam pikiran berkurang.

  1. Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah

Manfaat untuk kesehatan yang ketiga yaitu mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah. Ketika bermain game maka akan ada sebuah misi yang harus diselesaikan dalam game tersebut. Dari situlah kemampuan untuk mengesahkan masalah dapat dikembangkan. Anda harus mencari solusi yang tepat dari permasalahan yang diberikan dari game tersebut. Dengan begitu jika Anda bermain game maka Anda dituntut harus berfikir untuk dapat mencari solusi dari masalah atau misi dari game tersebut. Jika hal tersebut diarahkan ke hal yang positif maka Anda bisa mengembangkan dengan baik pola pikir mengenai suatu pemecahan masalah.

  1. Belajar ketahanan dan menghadapi kegagalan

Manfaat yang berikutnya yaitu dapat belajar ketahanan dan menghadapi kegagalan. Bagi anak-anak yang bermain game hal itu dapat membantu mereka untuk belajar ketahanan dan juga menghadapi kegagalan. Poin pentingnya yaitu apa yang harus mereka lakukan atau mengambil tindakan ketika mereka kalah dalam bermain game. Anak harus dilatih sabar dan menghadapi kenyataan akan kegagalan tersebut. Dengan begitu anak belajar secara bijaksana untuk dapat menerima kegagalan tersebut dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Jika hal tersebut dapat dibimbing dengan baik tentu kemampuan anak dalam menghadapi kegagalan akan lebih bijaksana dalam mengambil keputusan nantinya.

  1. Lebih rileks

Manfaat yang terakhir yaitu dapat membuat rileks. Dengan bermain game maka seseorang akan merasa lebih rileks lagi. Dan hal baik yang dapat terjadi yaitu ketika Anda merasakan rileks maka beberapa hormon seperti relaksin, oksitosin, dan dopamin yang merupakan hormon untuk membuat Anda merasa bahagia dapat dihasilkan dengan baik. Dengan begitu Anda akan merasakan bahagia atau dapatkan suatu kesenangan tersendiri ketika Anda dapat bermain game.

Itulah beberapa manfaat positif kesehatan dalam bermain game. Bagi anak-anak ketika bermain game tentunya harus selalu dalam pengawasan orangtua. Mereka sebaiknya bermain game sesuai dengan usia mereka. Dengan begitu bermain game menjadi suatu hal yang positif untuk membantu perkembangan anak.

Game Edukasi Untuk Anak

Game yang diberikan pada anak sebaiknya merupakan game edukasi yang mendidik. Dengan begitu game tersebut dapat membantu perkembangan untuk anak nantinya. Dan inilah beberapa contoh game edukasi yang mendidik bagi anak:

  1. Duolingo

Game yang pertama yaitu bernama duolingo. Pada game yang satu ini menawarkan pelajaran bahasa Inggris dan 30 jenis bahasa yang lainnya. Untuk tampilan dari game duolingo sendiri sangat menarik sehingga Anda tidak akan bosan ketika bermain dan belajar pada game ini. Ketertarikan anak pada bahasa asing juga akan menjadi lebih meningkat.

  1. Khan Academy Kids

Game yang kedua yaitu kan Academy Kids. Pada game ini cukup lengkap yaitu memuat berbagai macam kegiatan interaktif yang ditujukan untuk anak-anak usia balita, paud, atau yang sudah TK. Dalam game kan Academy Kids ini anak-anak bisa belajar menulis, membaca, berhitung, pemecahan masalah, dan berbagai macam game edukasi yang lainnya.

  1. Quick Brain

Game yang ketiga bernama quick brain. Dapat dilihat dari namanya game ini merupakan salah satu jenis game yang dapat mengasah kecepatan otak dalam proses hitung menghitung. Oleh karena itu sangat cocok untuk belajar matematika atau materi lainnya yang menggunakan perhitungan. Dari situ anak-anak dapat berpikir secara cepat kritis namun tetap tepat.

Itulah beberapa itulah beberapa game edukasi yang dapat diberikan kepada anak-anak. Arahkan anak Anda untuk bermain game menjadi satu hal yang positif dengan begitu dapat membantu perkembangan anak Anda. Dan juga dapat memberikan dampak positif kesehatan dalam bermain game.

Leave a Reply

Your email address will not be published.